sebaik baik manusia adalah mereka yang menghargai karya orang lain

Rabu, 22 November 2017

A.pendahuluan

    1. pengertian
 Gambar terkait
phpMyAdmin sebenarnya adalah sebuah aplikasi web (web application) untuk mengelola database MySQL dan database MariaDB dengan lebih mudah melalui antarmuka grafis (user interface). 

    2. latar belakang

phpMyAdmin adalah sebuah salah satu aplikasi yang harus di install saat kita membuat server karena php merupakan salah satu bagian dari LAMP  Server yang sering kita install saat mengoprek server

    3. maksud dan tujuan

supaya kita mengerti dalam menginstall server kita tidak lupa menginstall LAMP server

B. waktu

10 menit

C. pembahasan

phpMyAdmin sebenarnya adalah sebuah aplikasi web (web application) untuk mengelola database MySQL dan database MariaDB dengan lebih mudah melalui antarmuka grafis (user interface). Aplikasi web ini ditulis menggunakan bahasa pemrograman PHP. Sebagaimana aplikasi-aplikasi lain untuk lingkungan web (aplikasi yang dibuka atau dijalankan menggunakan peramban atau browser), phpMyAdmin juga mengandung unsur HTML/XHTML, CSS dan juga kode JavaScript. Aplikasi web ini ditujukan untuk memudahkan pengelolaan basis data MySQL dan MariaDB dengan penyajian antar muka web (user interface) yang lengkap dan menarik.
phpMyAdmin merupakan aplikasi web yang bersifat open souce (sumber terbuka) sejak pertama kali dibuat dan dikembangkan. Dengan dukungan dari banyak developer dan translator, aplikasi web phpMyAdmin mengalami perkembangan yang cukup pesat dengan ketersediaan banyak pilihan bahasa. Sampai saat ini, ada kurang lebih 65 bahasa yang sudah didukung oleh aplikasi web phpMyAdmin.
Keberadaan phpMyAdmin yang dianggap sangat penting dan juga sifatnya yang terbuka menjadikannya salah satu aplikasi yang selalu ada di dalam cPanel (sebuah aplikasi populer untuk pengontrol website). Hal ini menunjukkan bahwa penyedia web hosting (web hosting provider) menaruh kepercayaan yang sangat bersar pada phpMyAdmin sebagai salah satu aplikasi web yang dipasang (install) di server. Keuntungan hadirnya phpMyAdmin tidak saja dinikmati oleh penyedia web hosting, Anda juga bisa menginstal phpMyAdmin di server Anda sendiri (server lokal) asalkan syarat minimumnya (minimum requirenments) telah terpenuhi.
Versi terkini phpMyAdmin saat artikel ini ditulis adalah phpMyAdmin 3.5.2. Adapun syarat agar phpMyAdmin dapat dipasang dan berjalan dengan baik di server lokal adalah:
  • HP 5.2.0 atau yang terbaru.
  • MySQL 5.0 atau yang terbaru.
  • Web browser dengan memperbolehkan cookies.
phpMyAdmin menawarkan fitur yang mencangkup pengelolaan keseluruhan server MySQL (memerlukan super-user) dan juga basis data tunggal. phpMyAdmin juga mempunyai sistem internal yang digunakan untuk mengelola metadata dan mendukung fitur-fitur untuk operasi tingkat lanjut. Melalui sistem administrator, phpMyAdmin juga dapat mengelola users dan sekaligus hak aksesnya (privilage). Nah, bagi Anda yang kususnya bekerja sebagai database administrator dengan MySQL sebagai basis data pilihan, tidak ada salahnya menggunakan phpMyAdmin untuk kemudahan pengelolaan.

D. hal yang didapat

mampu menginstall dan tahu fitur-fitur yang kta gunakan 

E. kesimpulan

dengan kita mempelajari membuat server maka kita akan mengerti apa itu phpMyAdmin
F. referensi

www.termasmedia.com/.../phpmyadmin/131-mengenal-phpmyadmin-dan-kegunaann...
November 22, 2017   Posted by Arie Mahardhika Rusadi Sitorus with No comments

0 komentar:

Posting Komentar

komen jika perlu

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter

Search