sebaik baik manusia adalah mereka yang menghargai karya orang lain

Jumat, 16 Februari 2018

Assalammualikum.wr.wb


  • Pendahuluan
saya hari ini akan share ilmu saya tentang FreeNAS,

  • Pengertian
FreeNAS adalah perangkat lunak terlampir dan open-source network-attached storage (NAS) berbasis pada FreeBSD dan sistem file OpenZFS . Ini dilisensikan dengan persyaratan Lisensi BSD dan berjalan pada perangkat keras komoditas x86-64 . FreeNAS mendukung klien Windows , OS X dan Unix dan berbagai host virtualisasi seperti XenServer dan VMware menggunakan protokol SMB , AFP , NFS , iSCSI , SSH , rsync dan FTP / TFTP . Fitur FreeNAS yang canggih mencakup enkripsi disk penuh dan arsitektur plug-in untuk perangkat lunak pihak ketiga.

Sistem berkas OpenZFS

FreeNAS mendukung filesystem OpenZFS yang menyediakan pengecekan integritas data untuk mencegah korupsi data , mengaktifkan snapshot waktu, replikasi dan beberapa tingkat redundansi termasuk striping , mirroring , mirror bergaris (RAID 1 + 0), dan tiga tingkat RaidZ .

Pengalaman pengguna

FreeNAS dikelola melalui antarmuka web yang komprehensif yang dilengkapi dengan konsol shell minimal yang menangani fungsi administratif penting. Antarmuka web mendukung konfigurasi kolam penyimpanan, manajemen pengguna, konfigurasi berbagi dan pemeliharaan sistem.

Sebagai alat sistem yang disematkan , sepatu FreeNAS dari perangkat Flash USB atau SATA DOM . Gambar ini dikonfigurasi dengan menggunakan pemasang bootable USB Flash / CD-ROM. Sistem operasi FreeNAS sepenuhnya independen dari disket penyimpanannya, yang memungkinkan basis data konfigurasinya dan kunci enkripsi dicadangkan dan dikembalikan ke instalasi baru OS. Pemisahan ini juga memungkinkan upgrade sistem FreeNAS dilakukan melalui antarmuka web.

Sejarah

Proyek FreeNAS dimulai pada bulan Oktober 2005 oleh Olivier Cochard-Labbé yang mendasarkannya pada firewall tertanam m0n0wall dan FreeBSD 6.0 . Volker Theile bergabung dengan proyek ini pada bulan Juli 2006 dan menjadi proyek yang dipandu pada bulan April 2008. Pada bulan September 2009, tim pengembang menyimpulkan bahwa proyek tersebut, yang kemudian diluncurkan .7, dijadwalkan untuk ditulis ulang secara lengkap untuk mengakomodasi fitur modern seperti arsitektur plug-in Volker Theile memutuskan bahwa proyek ini sebaiknya diimplementasikan kembali dengan menggunakan Debian Linux dan menggeser usaha pengembangannya ke proyek Inti Inti sementara dan akhirnya OpenMediaVault melanjutkannya sebagai pimpinan proyek. Cochard-Labbé menanggapi keberatan masyarakat terhadap "Versi Debian FreeNAS" dan melanjutkan aktivitas dalam proyek dan mengawasi pengalihannya ke sistem pengguna FreeNAS. Pengembang Daisuke Aoyama dan Michael Zoon melanjutkan pengembangan FreeNAS 7 sebagai proyek NAS4Free sementara dan iXsystems menulis ulang FreeNAS dengan arsitektur baru berbasis FreeBSD 8.1, merilis FreeNAS 8 Beta pada bulan November 2010.

 Arsitektur plug-in tiba dengan FreeNAS 8.2 dan versi FreeNAS disinkronisasi dengan FreeBSD untuk kejelasan. FreeNAS 8.3 memperkenalkan enkripsi full-disk dan FreeNAS 9.1 FreeBSD 9.1 membawa arsitektur plug-in yang diperbarui yang kompatibel dengan kerangka pengelolaan penjara TrueOS Warden. FreeNAS 9.1 juga merupakan versi pertama FreeNAS yang menggunakan OpenZFS v5000 yang didukung komunitas dengan Flags Fitur. FreeNAS 9.2, berdasarkan FreeBSD 9.2 termasuk peningkatan kinerja dan mengenalkan REST API untuk administrasi sistem jarak jauh. FreeNAS 9.3, berdasarkan FreeBSD 9.3 memperkenalkan perangkat booting berbasis ZFS, Wizard Setup awal dan server iSCSI berkinerja tinggi di kernel . [8] FreeNAS 9.10, berdasarkan FreeBSD 10.3-RC3 mengakhiri penamaan disinkronkan FreeNAS / FreeBSD dan memperkenalkan dukungan pemantauan Graphite dan dukungan eksperimental untuk hypervisor bhyve .

Arsitektur

Implementasi ulang 8.0N dari FreeNAS memindahkan proyek ini dari arsitektur berbasis m0n0BSD / m0n0wall / PHP menjadi satu berdasarkan sistem pengembangan tertanam NBSBS FreeBSD , bahasa pemrograman Python , kerangka aplikasi web Django dan toolkit dōjō ( pustaka JavaScript ). Ini juga menggunakan server web lighttpd , tapi ini diganti dengan nginx di FreeNAS 8.2. Pengganti yang diakhiri menjadi 9.10.2, yang dikenal sebagai FreeNAS Corral, mempertahankan server web nginx dan perangkat boot berbasis ZFS dari FreeNAS namun menggantikan framework aplikasi web Django / dōjō dengan yang asli. FreeNAS 11 menerapkan antarmuka baru menggunakan Angular JS.

  • Kesimpulan
Sudah diimplementasi Network Attached Storage pada jaringan lokal Laboratorium Gunadarma University Computing Center (GUCC) • Penyimpanan data menjadi terpusat dan keamanan data dalam jaringan lokal dapat terjamin.


  • Refrensi
https://en.wikipedia.org/wiki/FreeNAS


Walaikumsalam.wr.wb
Februari 16, 2018   Posted by Arie Mahardhika Rusadi Sitorus with No comments

0 komentar:

Posting Komentar

komen jika perlu

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter

Search